Website Logo
Berita

Tiga Doktor Perebutkan Kursi Rektor Unimal

LHOKSEUMAWE  – Senat Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Sabtu (28/7) sore menetapkan tiga calon rektor universitas tersebut periode 2018-2022. Ketiga calon itu merupakan bagian dari delapan bakal calon (balon) yang mengikuti proses penyaringan dalam rapat senat tertutup di Kampus Bukit Indah Lhokseumawe. Rapat itu dipimpin oleh Ketua Senat Prof Dr Apridar.

Ketiga nama yang bertarung kembali untuk memperebutkan kursi rektor Unimal itu adalah Dr Herman Fithra ST MT (Dekan Fakultas Teknik) yang meraih 27 suara, Iskandar Zulkarnaen SE MSi PhD (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) dengan 6 suara, dan Dr Ir Wesli MT (Dosen Fakultas Teknik) yang mendapat satu suara.

Sementara satu suara abstain. Sedangkan lima balon lain yang tidak mendapat suara masing-masing Dr Rusydi SE MSi, Dr Asnawi SE MSi, Dr Marbawi SE MM, dan Dr Muammar Khadafi SE MSi AkCA (dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), serta Dr Suadi MSi (dosen Fakultas Ilmu Sosial dan dan Ilmu Politik).

Rapat senat beragendakan penilaian dan penetapan calon rektor Unimal di Aula Cut Meutia tersebut dipimpin Prof Apridar. Turut hadir Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI, Ani Nurdiani Azizah bersama dua pejabat lainnya, serta dosen dan mahasiswa universitas tersebut.

Agenda pertama adalah penyampaian visi dan misi dalam waktu 15 menit. “Penyampaian visi dan misi sangat penting, untuk diketahui apa saja program kandidat. Lalu, dilanjutkan dengan tanya jawab dan terakhir penetapan setelah terpilih tiga calon,” kata Ketua Panitia, Dr Mukhlis kepada Serambi, kemarin.

Setelah penetapan, tambahnya, Ketua Senat menyerahkan ketiga nama tersebut ke Kemenristekdikti untuk proses rekam jejak termasuk terhadap kekayaan mereka dan beberapa hal lain.

“Setelah proses rekam jejak selesai, senat akan mengadakan pemilihan kembali yang juga akan dihadiri menteri. Dalam pemilihan nanti, senat memiliki hak suara 65 persen dan menteri 35 persen,” kata Prof Apridar kepada Serambi usai rapat tersebut.

Menurutnya, Kemenristekdikti sangat senang karena proses pemilihan tiga calon rektor Unimal berlangsung tertib dan lancar tanpa hambatan apapun. “Kita juga berharap situasi yang sama akan terjadi ketika pemilihan rektor, Agustus mendatang. Unimal memang harus beda dengan kampus lain,” pungkas Apridar.(jaf) |HARIAN SERAMBI INDONESIA


Pencarian

Kabar Terkini

Style Switcher