Update Informasi Terkini Fakultas Teknik UNIMAL

Assoc Prof Faisal Abnisa dari King Abdulaziz University, Arab Saudi jadi narasumber pada kegaitan International Guest Lecture, Fakultas Teknik, Unimal, Selasa (25/07/.2023).foto:ist
Assoc Prof Faisal Abnisa dari King Abdulaziz University, Arab Saudi jadi narasumber pada kegaitan International Guest Lecture, Fakultas Teknik, Unimal, Selasa (25/07/.2023).foto:ist

Jajaki Peluang Riset Internasional, Fakultas Teknik Unimal Gelar International Guest Lecture

UNIMALNEWS | Bukit Indah-  Program Studi Teknik Elektro dan Magister Teknik Energi Terbarukan Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan International Guest Lecture dengan menghadirkan Assoc Prof Faisal Abnisa dari King Abdulaziz University, Arab Saudi. Kegiatan yang bertajuk “Perkembangan Riset dan Peluang Kerjasama Implementasi Teknologi Energi Terbarukan di Arab Saudi”, tersebut diikuti dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik. Kegiatan ini berlangsung Selasa (25/07/2023) di Gedung Teknik Elektro.

Ketua Prodi MTET, Dr Adi Setiawan mengatakan, kegiatan International Guest Lecture sangat bermanfaat terutama bagi dosen dan mahasiswa, karena dapat memberi gambaran pengetahuan yang luas tentang kemajuan dan perkembangan riset internasional. Sehingga membuka peluang dalam mengembangkan penelitian, khususnya di bidang energi terbarukan.

“Kegiatan ini bisa menjadi bagian dari sharing  informasi tentang perkembangan dan arah riset-riset internasional. Kita harapkan kegiatan ini akan membuka peluang riset internasional,”katanya.

Sementara Ketua Jurusan Teknik Elektro, Prof. Dahlan Abdullah, Asean,Eng menambahkan, pengembangan riset harus dilakukan dengan berbagai cara untuk membuktikan atau menguji kebenaran berbagai pengetahuan. Pengembangan riset juga akan membuka peluang untuk menemukan berbagai pengetahuan dan terciptanya produk serta teknologi baru yang mampu menjawab kebutuhan dalam memudahkan kerja manusia.

“Salah satu cara untuk mendapatkan pengatahuan tentang pengembangan riset adalah menjalin kerja sama atau menghadirkan orang-orang yang selama ini aktif melakukan dan mengembangkan penelitian. Kegiatan seperti ini sangat membatu para dosen dan mahasiswa dalam menemukan ide-ide baru, ”terangnya.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Muhammad Daud menyerahkan cendramata kepada Assoc Prof Faisal Abnisa dari King Abdulaziz University, Arab Saudi sebagai narasumber pada kegaitan International Guest Lecture, Fakultas Teknik, Unimal, Selasa (25/07/.2023).

Sementara, Faisal Abnisa yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan, tidaklah terlalu sulit untuk melakukan penelitian, jika saling berbagi pengetahuan. Menurutnya apabila seseorang menemukan ide untuk melakukan riset, maka cara yang paling efektif  untuk mewujudkan riset tersebut adalah dengan sharing dengan teman. “Artinya jangan pelit berbagi ide atau gagasan dengan orang lain, karena dengan berbagi kita akan bisa melakukan kolaborasi dengan baik dan mempermudah publikasi,”pungkasnya. [ded]

Related Articles